Profil Vincent Aboubakar, Kapten Kamerun yang Dikartu Merah usai Jebol Gawang Brasil

Bola24.id – Kapten , jadi sorotan usai membobol gawang Brasil dan membantu timnya menang 1-0 pada matchday ketiga Grup D , Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB.

Selain jadi pemain pertama yang mampu membobol gawang Selecao selama Piala Dunia 2022, aksi konyolnya juga turut membuat namanya diperbincangkan.

Setelah mencetak gol kemenangan secara dramatis pada menit 90+2 di Lusail Stadium itu, Vincent Aboubakar diusir keluar oleh wasit.

Pasalnya, selepas mencetak gol ke gawang , Vincent Aboubakar melakukan selebrasi dengan melepas jerseynya.

Baca Juga:
“Impian Saya Bisa Telanjang Depan Messi” Harapan Miss BumBum Suzy Cortez Jelang Argentina vs Australia

Dia pun akhirnya diganjar kartu kuning oleh wasit. Ini menjadi kartu kuning kedua yang diraih Vincent Aboubakar pada pertandingan ini. Sehingga, dia harus mengakhiri laga lebih cepat.

Pemain Kamerun Vincent Aboubakar rayakan gol ke gawang Serbia dalam pertandingan kedua Grup G Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium, Senin (28/11/2022). [AFP]

Dengan tersebut, Vincent Aboubakar menjadi pemain pertama yang mencetak gol di Piala Dunia tetapi diusir keluar oleh wasit karena kartu merah setelah Zinedine Zidane pada edisi 2006.

Profil Vincent Aboubakar

Vincent Aboubakar merupakan pesepak bola asal Kamerun yang lahir di Yaounde pada 22 Januari 1992. Pemain yang berposisi sebagai striker ini memang punya karier yang cukup mentereng.

Pada masa awal, Aboubakar menimba ilmu bersama klub sepak bola asal Kamerun, Coton Sport. Dia berlatih sejak tahun 2006 hingga 2008, sebelum akhirnya mendapat kesempatan promosi ke tim utama pada 2009.

Baca Juga:
Preview Argentina vs Australia, Tim Tango Masih Lebih Dominan dalam Tujuh Pertemuan Terakhir

Setahun berselang, Aboubakar memulai karier internasionalnya bersama klub asal Prancis, Valenciennes, tepatnya pada 2010. Setelah itu, dia sempat tampil bersama klub Prancis lainnya, Lorient (2013-2014).
Dari dua klub asal Prancis inilah bakatnya terendus. Sebab, ia akhirnya mendapatkan kesempatan untuk berkarier bersama klub elite Portugal, Porto, pada 2014.

Bersama Porto, Vincent Aboubakar cukup lama bertahan di sana. Namun, ia juga sempat dipinjamkan ke klub raksasa asal Turki, Besiktas, pada 2016-2017.

Sempat kembali ke Porto pascamenjalani masa peminjaman, ia kemudian dipermanenkan Besiktas pada 2020. Namun, kiprahnya tak berlangsung lama.

Dia akhirnya memilih berkarier di Liga Arab Saudi bersama Al Nassr. Bersama klub yang berbasis di kota Riyadh ini, Aboubakar mencatatkan 10 gol dari 30 pertandingan.

Sebagai informasi, Aboubakar yang saat ini sudah berusia 30 tahun telah bermain bersama timnas Kamboja sejak tahun 2010.

Debutnya tercipta ketika menghadapi laga uji coba melawan Slovakia pada 29 Mei 2010. Adapun gol pertamanya bersama timnas Kamerun tercipta satu tahun berselang, yakni ketika menjebol gawang Polandia pada 11 Agustus 2010.

[Muh Faiz Alfarizie]



#Profil #Vincent #Aboubakar #Kapten #Kamerun #yang #Dikartu #Merah #usai #Jebol #Gawang #Brasil

Sumber : www.suara.com