6 Stadion Venue Piala Dunia U-20 di Indonesia, Wajib Steril dari Acara Lain

Bola24.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menegaskan bahwa Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) hanya bisa dipakai untuk Piala U-20. Pernyataan tegas Menpora itu mengancam nasib konser BLACKPINK yang akan diselenggarakan pada Maret 2023 di SUGBK. Pasalnya gelaran akan digelar pada 20 Mei 2023 hingga 11 Juni 2023.

Sebelumnya Menpora telah menyebut enam stadion venue Piala Dunia U-20 yang akan dijaga penggunaanya mulai Januari 2023 untuk menjaga kualitas stadion. Keenam stadion itu tak boleh lagi digunakan untuk kegiatan selain sepakbola.

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)

Petugas menyemprotkan cairan disinfektan ke bangku pemain di Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (26/3). [ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari]

Menpora menyatakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tidak boleh digunakan untuk konser dan kegiatan lainnya kecuali Piala Dunia U-20. Ia juga mengatakan akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait masa renovasi SUGBK. 

Baca Juga:
Laporan Komnas HAM Lebih Keras Mungkin Saja Jumlah Tersangka Bisa Tambah, Mahfud MD: Bisa 8 Bisa 10

Zainudin memastikan jika sudah memasuki tahap renovasi maka stadion itu sudah pasti tidak bisa digunakan untuk kegiatan apa pun termasuk konser dan pertandingan tim nasional. Kebijakan serupa pun berlaku untuk lima stadion utama lainnya yang akan digunakan sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-20. 

2. Stadion Gelora Sriwijaya

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang [Instagram Official Sriwijaya FC]
Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang [Instagram Official Sriwijaya FC]

Selain SUGBK, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumsel juga masuk dalam daftar stadion venue Piala Dunia U-20. Renovasi stadion itu pun kabarnya terus dikebut. Bahkan berbagai fasilitas mulai dari rumput, lighting, tribun penonton dan lainnya direnovasi sesuai standar FIFA.

3. Stadion Si Jalak Harupat

Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. [Antara]
Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. [Antara]

Jelang Piala Dunia U-20, sejumlah fasilitas di Stadion Si Jalak Harupat (SJH) yang berada di Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pun disebut akan segera direnovasi. Kabarnya pada Januari 2023, seluruh stadion akan dicat ulang. Renovasi yang dilakukan Dispora Kabupaten Bandung terhadap SJH merupakan rekomendasi dari FIFA.

Baca Juga:
Ada Pelanggaran HAM, Komnas HAM Serahkan Laporan Tragedi Kanjuruhan ke Menko Polhukam

4. Stadion Manahan



#Stadion #Venue #Piala #Dunia #U20 #Indonesia #Wajib #Steril #dari #Acara #Lain

Sumber : www.suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *