Rekam Jejak Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia U-20, Pernah Satu Kali Juara

Bola24.id – Kiprah U-19 di U-20 2023 sangat dinantikan publik. Masyarakat Indonesia sangat berharap tim besutan mampu menggondol trofi Piala Asia tahun depan.

Hasil drawing menempatkan di Grup A bersama Uzbekistan, Irak dan Suriah.

Melihat lawan-lawan yang bakal dihadapi, asa timnas Indonesia U-19 lolos dari babak penyisihan grup pun terbilang cukup besar.

Skuad Timnas Indonesia U-20 saat sedang berlatih di Turki (Dok. PSSI).

Layaknya Irak U-19 yang mengoleksi lima gelar juara di ajang yang lebih terkenal dengan sebutan AFC U-19, Indonesia juga pernah meraihnya.

Baca Juga:
PSSI Targetkan Naturalisasi Jordi Amat – Sandy Walsh Rampung November 2022

Timnas Indonesia pernah menjadi juara di turnamen yang digelar pada 1961, saat itu Burma atau yang sekarang dikenal dengan Myanmar menjadi tuan rumah.

Sejak kali pertama digelar di Malaysia pada 1959, Indonesia sudah tampil mengesankan dalam tiga edisi mulai dari edisi 1960.

Saat itu hanya ada delapan kontestan, Indonesia berhasil meraih tempat keempat setelah menjadi runner-up Grup B usai mengalahkan Singapura dengan skor 9-3.

Di babak semifinal, Indonesia kalah tipis dari Jepang dengan skor 3-2 dan perjalanan di Piala AFC pun berlanjut pada tahun 1961.

Saat inilah timnas Indonesia sukses meraih gelar juara, usai melibas Vietnam 2-0 dan Jepang 2-1 di fase grup, kemudian imbang 2-2 dengan Korea Selatan dan 1-1 dengan Singapura.

Baca Juga:
Profil Alexandru Guzun, Pelatih yang Akan Jajal Strategi Shin Tae-yong di Laga Timnas Indonesia U-19 vs Moldova

Torehan itu membawa Indonesia keluar sebagai juara grup dan langsung berjumpa Myanmar (Burma) di partai final, duel berakhir tanpa pemenang.



#Rekam #Jejak #Timnas #Indonesia #U19 #Piala #Asia #U20 #Pernah #Satu #Kali #Juara

Sumber : www.suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *