Profil Al-Seeb, Tim Jawara Piala AFC 2022 yang Kalahkan Wakil Malaysia di Final

Bola24.id – Klub asal Oman, , sukses merengkuh gelar juara 2022 seusai menumbangkan wakil Malaysia, , pada partai puncak.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Sabtu (22/10/2022) itu, Al-Seeb sukses membungkam Kuala Lumpur FC dengan skor 3-0 untuk menjuarai .

Tiga gol Al-Seeb pada pertandingan ini dicatatkan oleh Ali Al-Busaidi (22’), Abdulaziz Al-Muqbali (37’), dan Muhsen Al-Ghassani (69’).

Bagi Al-Seeb, gelar juara Piala AFC 2022 ini terasa begitu spesial. Pasalnya, mereka sukses naik podium juara untuk pertama kali di ajang ini.

Tak hanya itu saja, Al-Seeb juga berstatus sebagai klub sepak bola asal Oman pertama yang berhasil memenangkan gelar Piala AFC 2022. 

Sebagai informasi, trofi Piala AFC 2022 bukan satu-satunya prestasi yang berhasil direngkuh Al-Seeb pada musim ini. Sebelumnya, mereka sudah berhasil meraih dua gelar juara lainnya hingga menyabet status sebagai Treble Winners.

Profil Al-Seeb

Al-Seeb merupakan klub sepak bola profesional asal Oman yang berbasis di kota dengan nama yang sama. Klub ini telah dibentuk sejak 1972, alias berusia 50 tahun.

Jika merujuk pada sejarah kemunculannya, Al-Seeb dibentuk pada 3 Januari 1972 melalui merger atau penggabungan empat klub kecil, yakni Watan, Butolah, Hilal, dan Fida, yang berbasis di kota Al-Seeb.

Keempat klub ini sepakat untuk bergabung bersama dan membentuk tim baru. Secara resmi, klub ini terdaftar pada 26 Juni 2002.

Meskipun dikenal utamanya karena sepak bola, Al-Seeb sebetulnya juga seperti klub-klub lainnya di Oman yang juga bergerak di berbagai olahraga lainnya.

Mulai dari hoki, bola voli, bola basket, bulu tangkis, dan lain-lain. Mereka juga memiliki klub usia muda yang berkompetisi di Omani Youth League.

Al-Seeb menggunakan warna kuning dan hijau sebagai warna kebesarannya. Mereka menggunakan Al-Seeb Stadium sebagai stadion kandang yang berkapasitas 14 ribu penonton.

Sejak pertama kali dibentuk, Al-Seeb memang sudah mampu merengkuh sejumlah prestasi mentereng di kancah sepak bola Oman. 

Di ajang Omani League, mereka sudah dua kali meraih gelar juara, yakni pada 2019/2020 dan 2021/2022. Gelar juara terakhir itu turut membawa mereka tampil di Piala AFC 2022 dan akhirnya keluar sebagai gelar juara.

Mereka juga mengoleksi empat gelar Sultan Qaboos Cup yakni pada edisi 1996, 1997, 1998, dan 2022. Di ajang Oman Professional League Cup, ada satu gelar yang direngkuh pada 2007.

Dengan demikian, Al-Seeb memang tengah mengalami masa-masa puncak pada musim 2022 ini. Sebab, sudah ada tiga gelar juara yang mampu diraih oleh tim beralias Sayyid Al-Nawadi tersebut.

Ketiga gelar yang diraih sebagai Treble itu ialah Omani League 2021/2022, Sultan Qaboos Cup 2022, dan Piala AFC 2022.

[Muh Adif Setyawan]



#Profil #AlSeeb #Tim #Jawara #Piala #AFC #yang #Kalahkan #Wakil #Malaysia #Final

Sumber : www.suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *