Masuk Grup A Bareng Uzbekistan hingga Irak, Intip Peluang Timnas Indonesia U-19 Lolos ke Perempat Final Piala Asia

Bola24.id – Mengintip peluang yang dimiliki untuk melangkah ke perempat final usai tergabung di Grup A.

Sebagaimana diketahui, AFC telah menggelar drawing untuk fase grup 2023 hari ini, Rabu (26/10/2022).

Timnas Indonesia U-19 yang berhasil menembus putaran final sebagai juara grup di fase kualifikasi, berada di pot 2 dalam proses drawing tersebut.

Tim arahan Shin Tae-yong ini pun tergabung di Grup A dari empat grup yang ada.

Baca Juga:
Hasil Uji Coba: Timnas Indonesia U-19 Tertinggal 0-1 dari Turki di Babak Pertama

Di Grup A sendiri, Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi lawan-lawan yang cukup tangguh, yakni tuan rumah Piala Asia U-20 2023 Uzbekistan serta Irak dan Syria.

Namun, hasil drawing ini sebenarnya relatif cukup menguntungkan bagi Timnas Indonesia U-19. Apalagi jika membandingkan dengan hasil yang didapat tim rival, Vietnam.

Vietnam secara nahas tergabung di grup neraka, yakni Grup B bersama dengan tim-tim macan Asia seperti Qatar, Australia dan Iran.

Meski tergabung di grup relatif aman, bagaimana kans Timnas Indonesia U-19 untuk lolos dari fase grup dan menembus perempat final Piala Asia U-20 2023?

Kans Timnas Indonesia U-19

Baca Juga:
PSSI: Ivar Jenner dan Justin Hubner Sudah Jalani Tes Kesehatan

Sebagai permulaan, di Piala Asia U-20 2023 ini ada 16 negara yang terbagi dalam empat grup, yakni Grup A, B, C dan D.

Nantinya di empat grup itu, setiap negara masing-masing akan melakoni tiga pertandingan.

Nantinya hanya juara dan runner-up grup saja yang berhak melangkah ke babak perempat final Piala Asia U-20 2023.

Melihat aturan ini, kans Timnas Indonesia U-19 bisa dibilang cukup terbuka untuk melaju ke fase gugur, setidaknya dengan status runner-up grup.

Sebab, dari Grup A sendiri hanya Uzbekistan dan Irak yang punya sejarah panjang di ajang Piala Asia U-20 sejak pertama kali turnamen ini digelar.

Terlebih, Irak yang punya catatan panjang di Piala Asia U-20 belakangan mulai melempem karena langkahnya sempat terhenti di fase grup.

Irak juga lolos ke Piala Asia U-20 2023 dengan jalur salah satu runner-up grup terbaik di fase kualifikasi lalu. Sehingga, Timnas Indonesia U-19 bisa memanfaatkan kondisi ini.

Mengingat Timnas Indonesia U-19 akan melakoni dua laga pertama melawan Irak dan Syria di Grup A, maka skuad Garuda Nusantara harus bisa meraih poin di dua laga awal ini.

Melawan Irak, Timnas Indonesia U-19 bisa memanfaatkan hasil seri atau meraih kemenangan dan kemudian diwajibkan menang atas Syria agar membuka jalan lolos sebagai runner-up grup.

Di laga terakhir melawan Uzbekistan, Timnas Indonesia U-19 asuhan Shin Tae-yong bisa mengincar maksimal hasil imbang, sembari berharap Irak tergelincir kala melawan Syria di laga pamungkas.

[Felix Indra Jaya]



#Masuk #Grup #Bareng #Uzbekistan #hingga #Irak #Intip #Peluang #Timnas #Indonesia #U19 #Lolos #Perempat #Final #Piala #Asia

Sumber : www.suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *