Daftar Lengkap Juara Piala AFC, Terbaru Al-Seeb

Bola24.id – Klub asal Oman, , keluar sebagai juara 2022. Gelar ini diraih setelah mengalahkan wakil Malaysia, Kuala Lumpur FC.

Bertanding di kandang sendiri, tepatnya di Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia, Sabtu (22/10/2022) malam WIB, Kuala Lumpur FA menyerah dengan skor 0-3. Gol-gol itu diciptakan oleh Ali Al-Busaidi (22’), Abdulaziz Al-Muqbali (37’), dan Muhsen Al-Ghassani (69’) .

Hasil ini jelas mengecewakan buat Kuala Lumpur FC karena gagal memaksimalkan keuntungan bermain di kandang. Sedangkan bagi Al-Seeb, gelar ini menjadi sejarah bagi klub.

Ini menjadi kali pertama sejak klub berdiri pada 1972, Al-Seeb sukses menjuarai Piala AFC. Al-Seeb juga menjadi klub asal Oman pertama yang meraih gelar Piala AFC.

Baca Juga:
Profil Al-Seeb, Tim Jawara yang Kalahkan Wakil Malaysia di Final

Perjalanan Al-Seeb sepanjang turnamen juga menjanjikan. Mereka menang atas tim asal Bahrain, Al-Riffa, di final zona Asia Barat dan langsung menantang Kuala Lumpur FA tanpa melalui babak play-off interzona.

Adapun, kekalahan di final ini bikin Kuala Lumpur FC gagal menyamai pencapaian Johor Darul Takzim sebagai klub Malaysia yang sukses meraih gelar Piala AFC.

Sepanjang sejarah Piala AFC, kompetisi antar klub se-Asia level kedua ini baru bergulir pada 2004 silam. Klub yang menjadi juara, berkah mentas di Liga Champions Asia musim berikutnya.

Dari 18 tahun bergulirnya Piala AFC, tercatat ada dua klub paling sukses yaitu Al-Quwa (Irak) dan Al-Kuwait (Kuwait) dengan masing-masing mengoleksi 3 gelar.

Dari 2004 hingga 2008, final Piala AFC digelar dengan format 2 leg. Untuk gelar pertama pada Piala AFC 2004 diraih oleh klub asal Suriah, Al-Jaish, usai mengalahkan sesama klub Suria, Al-Wahda.

Di tahun berikutnya, Al-Faisaly, klub asal Yordania yang sukses meraih gelar juara Piala AFC. Mereka mengulang sukses serupa di edisi 2006.

Berikut daftar lengkap juara Piala AFC:

1. Al-Kuwait (3 gelar)

2. Al-Quwa Al-Jawiya (3 gelar)

3. Al-Faisaly (2 gelar)

4. Al-Muharraq (2 gelar)

5. Al-Qadsia (1 gelar)

6. Nasaf Qarshi (1 gelar)

7. Al-Jaish (1 gelar)

8. Shabab Al-Ordon (1 gelar)

9. Al-Ittihad (1 gelar)

10. Johor Darul Takzim (1 gelar)

11. Al-Ahed (1 gelar)

12. Al-seeb (1 gelar).

[Aditia Rizki]



#Daftar #Lengkap #Juara #Piala #AFC #Terbaru #AlSeeb

Sumber : www.suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *