Road to Qatar dan Pemain Kunci

Bola24.id – menjadi salah satu wakil Asia di , yang akan dihelat 21 November hingga 18 Desember mendatang di Qatar.

Korea Selatan menjadi satu dari enam wakil Asia yang memegang tiket putaran final edisi tahun ini di Qatar. Ini menjadi pertama kalinya dalam sejarah konfederasi Asia menempatkan 6 wakil di ajang paling bergengsi ini.

Keenam wakil Asia itu adalah Arab Saudi, Qatar (tuan rumah), Australia, Jepang, Iran, dan Korea Selatan. Adapun, ini adalah kali keenam Arab Saudi mentas di Piala Dunia.

Pertama kali Korea Selatan tampil di Piala Dunia adalah pada edisi 1954 yang berlangsung di Swiss. Saat itu, Korea Selatan cuma sampai di babak penyisihan grup.

Baca Juga:
Profil Timnas Portugal di Piala Dunia 2022: Panggung Pamungkas Cristiano Ronaldo?

Lama absen, Korea Selatan baru kembali mentas di Piala Dunia pada 1986 dan terus konsisten lolos hingga Piala Dunia 2022.

Perjalanan di Kualifikasi dan Prestasi

Korea Selatan total sudah 11 kali tampil di putaran final Piala Dunia. Mereka menjadi salah satu negara Asia paling konsisten meloloskan diri ke pentas sepak bola terbesar sejagat ini.

Adapun, prestasi terbaik Korea Selatan adalah menempati posisi keempat di Piala Dunia 2022. Saat itu, Korea Selatan menjadi tuan rumah bersama Jepang.

Sementara untuk perjalanan Korea Selatan di kualifikasi Piala Dunia 2022 sendiri dimulai dengan menjadi pemuncak klasemen Grup H babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona AFC.

Baca Juga:
Profil Timnas Senegal di Piala Dunia 2022: Sadio Mane Jadi Tumpuan

Korea Selatan meraih 5 kemenangan dan cuma sekali imbang dari 6 laga di babak kedua ini. Di babak ketiga kualifikasi, Korea Selatan masih tampil solid.

Mereka menempati posisi kedua di Grup A dengan koleksi 23 poin. Meski kalah dari Iran yang ada di puncak klasemen, Korea Selatan tetap lolos otomatis ke Piala Dunia 2022.

Pelatih dan Pemain Kunci

Di Piala Dunia 2022 nanti, Korea Selatan tergabung di Grup H bersama Ghana, Portugal, dan Uruguay. Dari materi pemain, grup ini terbilang sangat ketat dan sulit buat Korea Selatan.

Pasalnya, Portugal, Uruguay, dan Ghana diprediksi akan diperkuat pemain-pemain terbaik mereka yang bermain di tim-tim elite Eropa. 

Untuk menghadapi tim-tim kuat itu, Korea Selatan akan sangat bergantung kepada pemain-pemain kunci mereka seperti winger Tottenham Hotspur, .

Pemain berusia 30 tahun itu sekaligus menjadi kapten tim dengan catatan 102 penampilan dan mencetak 33 gol. Selain Son, ada juga pemain Wolverhampton Wanderers, Hwang Hee-chan.

Dengan usianya yang masih 26 tahun, pemain yang pernah dikalahkan Evan Dimas dkk pada 2013 silam ini sudah mengoleksi 47 caps dengan 8 gol.

Selain pemain-pemain depan, Korea Selatan juga punya pemain kunci di lini belakang yang bermain di Eropa. Adalah Kim Min-jae yang baru saja bergabung dengan Napoli.

Untuk posisi pelatih, Korea Selatan masih akan dilatih oleh Paulo Bento. Pelatih asal Portugal itu sudah menukangi Korea Selatan sejak 2018.

Daftar Pilihan Pemain Timnas Korea Selatan:

Kiper

Hyeon-woo Jo

Bum-Keun Song

Seung-Gyu Kim

Bek

Min-Jae Kim

Kyung-won Kwon

Ji-soo Park

Young-won Kim

Jae-ik Lee

Jin-Su Kim

Tae-hwan Kim

Jong-Gyu Yoon

Gelandang

Du-Jae Won

Woo-young-Jung

Seung-beom Ko

Min-kyu Park

Jae-sung Lee

Striker

Heung-min Son

Min-kyu Song

Chang-hoon Kwon

Young-wook Cho

Hee-chan Hwang

Ui-jo Hwang

[Aditia Rizki]



#Road #Qatar #dan #Pemain #Kunci

Sumber : www.suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.