Profil Timnas Senegal di Piala Dunia 2022: Sadio Mane Jadi Tumpuan

Bola24.id – Mengenal lebih jauh jelang bergulirnya 2022 yang akan dihelat dalam hitungan bulan ke depan.

Senegal akan menjadi salah satu negara yang akan berpartisipasi di ajang di Qatar mendatang.

Tim berjuluk Singa Teranga ini merupakan salah satu dari lima wakil Afrika yang berhasil lolos ke Qatar 2022.

Adapun Piala Dunia 2022 ini akan menjadi Piala Dunia ketiga dalam sejarah sepak bola Senegal yang lahir pada tahun 1960 silam.

Baca Juga:
Profil Timnas Serbia di Piala Dunia 2022

Sebagai catatan, Federasi Sepak bola Senegal berdiri pada tahun 1960 silam usai merdeka dari penjajahan Prancis. Sebelumnya, sepak bola Senegal berada di bawah kekuasaan Prancis.

Senegal sendiri datang ke Qatar dengan status mentereng. Pasalnya, Singa Teranga datang ke Piala Dunia 2022 sebagai kampiun Piala Afrika 2021.

Keberhasilan menjuarai Piala Afrika ini diyakini membuat Senegal menjadi wakil Afrika yang akan melangkah jauh di Piala Dunia 2022 mendatang.

Apalagi Senegal akan tergabung di grup yang relatif mudah, yakni melawan tuan rumah Qatar, lalu Belanda, serta Ekuador.

Lantas, seperti apa kiprah Senegal di Piala Dunia? Bagaimana dengan pelatih serta para pemain yang akan diandalkan di ajang empat tahunan tersebut? Berikut rangkumannya.

Baca Juga:
Profil Timnas Kamerun di Piala Dunia 2022: Prestasi, Pelatih hingga Pemain Kunci

Kiprah Senegal di Piala Dunia

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, Senegal akan melakoni Piala Dunia ketiganya pada edisi 2022 ini. Sebelumnya, Singa Teranga tercatat berpartisipasi di Piala Dunia pada edisi 2002 dan 2018 silam.

Pencapaian terbaik Senegal di Piala Dunia tercipta pada Piala Dunia 2002 silam. Saat itu, Singa Teranga berhasil menembus babak perempat final.

Sebagai informasi, raihan ini menjadi raihan terbaik kedua wakil Afrika, menyusul Kamerun yang juga hanya berhasil mencapai perempat final pada Piala Dunia 1990.

Untuk Piala Dunia 2022 ini, Senegal berhasil lolos dari babak kualifikasi usai menjuarai grup H di ronde kedua dan menang atas Mesir di ronde ketiga.

Jika ditotal, Senegal telah melakoni Kualifikasi Piala Dunia sebanyak 71 kali dengan catatan 32 kemenangan, 23 hasil imbang, 16 kekalahan dengan memasukkan 106 gol dan kebobolan 61 gol.

3 Pemain Kunci

Senegal berhasil lolos ke Piala Dunia 2022 dan menjuarai Piala Afrika 2021 tak lepas dari peran para pemain bintang di tubuh skuadnya.

Dari banyaknya pemain bintang itu, Senegal memiliki 3 pemain kunci, yakni , Kalidou Koulibaly, dan Edouard Mendy.

Sadio Mane merupakan top skor sepanjang masa Senegal. Namanya pun sangat tersohor di sepak bola dunia, karena kiprahnya di Eropa bersama Liverpool dan saat ini Bayern Munchen.

Selain punya Sadio Mane, ada pula nama bek tangguh pada diri Kalidou Koulibaly yang berstatus kapten tim. Dirinya adalah salah satu bek tangguh di Eropa yang kini berseragam Chelsea.

Meratanya kekuatan Senegal juga terlihat pada sosok Edouard Mendy di bawah mistar. Kiper milik Chelsea ini merupakan kiper terbaik Afrika dan juga peraih penghargaan kiper terbaik FIFA pada 2021.

Aliou Cisse sebagai Pelatih

Aliou Cisse merupakan pelatih kepala Timnas Senegal. Jabatan ini telah diembannya sejak 2015 silam hingga saat ini.

Mantan penggawa Timnas Senegal ini pun dipercaya memimpin Singa Teranga di Piala Dunia 2022 nanti. Hal ini tak lepas dari prestasinya.

Sejak memimpin Senegal pada 2015, Aliou Cisse mampu membawa Singa Teranga ke Piala Dunia 2018, menjadi Runner Up Piala Afrika 2019 dan menjuarai Piala Afrika 2021.

Selama melatih Senegal, Aliou Cisse telah memimpin 141 pertandingan dengan torehan 99 kemenangan, 25 hasil imbang, dan 17 kekalahan.

Daftar Pilihan Pemain Timnas Senegal untuk Piala Dunia 2022:

Kiper:

Edouard Mendy
Seny Dieng
Alfred Gomis

Bek:

Kalidou Koulibaly
Saliou Ciss
Pape Abou Cisse
Fode Ballo-Toure
Abdoulaye Seck
Youssouf Sabaly
Abdou Diallo
Alpha Diounkou

Gelandang:

Idrissa Gueye
Nampalys Mendy
Cheikhou Kouyate
Pape Gueye
Moustapha Name
Pape Matar Sarr
Mamadou Loum

Penyerang:

Keita Balde
Boulaye Dia
Sadio Mane
Habib Diallo
Ismaila Sarr
Famara Diedhiou
Illiman Ndiaye
Demba Seck

[Felix Indra Jaya]



#Profil #Timnas #Senegal #Piala #Dunia #Sadio #Mane #Jadi #Tumpuan

Sumber : www.suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.