Profil Timnas Belanda, Tim yang Diklaim Spesialis Runner Up Setelah Gagal Juara di Tiga Final Piala Dunia

Bola24.id – asuhan siap memberi kejutan Qatar. Ini merupakan ketiga kalinya Timnas ditukangi van Gall.

Sebagaimana diketahui, Belanda lolos ke putaran final 2022 setelah menumbangkan Norwegia di babak penyisihan Grup G.

Kemenangan tersebut tidak didapat dengan mudah, timnas Belanda dipaksa kerja keras di sepanjang laga untuk membongkar pertahanan solid Norwegia.

Para pemain Belanda melakukan selebrasi setelah mereka mencetak gol selama pertandingan sepak bola UEFA Nations League antara Belgia vs Belanda di Stadion King Baudouin di Brussels, pada 3 Juni 2022.JOHN THYS / AFP.

Baru pada menit ke-84 timnas Belanda sukses mencetak gol lewat aksi Bergwjin yang disusul gol Memphis Depay. Belanda menang 2-0 di laga tersebut.

Baca Juga:
Profil Timnas Spanyol, Salah Satu Tim Unggulan di Piala Dunia 2022

Belanda mengakhiri babak kualifikasi dengan perolehan 23 poin dari 10 pertandingan, hanya sekali kalah, tujuh kali menang dan dua kali imbang.

Prestasi dan Kekuatan

Sebagai kontestan Piala Dunia, Timnas Belanda tak lepas dari kenangan pahit berulang, yaitu kerap gagal menjadi juara dunia.

Belanda tiga kali meraih status sebagai runner-up yaitu di edisi 1974, 1978 dan 2010. Di Piala Dunia edisi 2014 timnas Belanda keluar sebagai juara ketiga.

Jika melihat kekuatan, timnas Belanda saat ini tak semewah tim yang berlaga di Piala Dunia edisi 2010 dan 2014.

Baca Juga:
KNVB Gelar Festival Oranje di Indonesia, Ada Acara Nobar Bareng Legenda Belanda

Meski demikian, tim asuhan Louis van Gaal yang lolos ke Piala Dunia 2022 ini memiliki kualitas menjanjikan dengan kombinasi pemain muda dan tua.

Deretan pemain senior seperti Virgil van Dijk, Stefan de Vrij, dan Memphis Depay bakal memandu para pemain muda seperti Matthijs de Ligt, Frenkie de Jong, hingga Ryan Gravenberch.

Di Piala Dunia 2022, Belanda tergabung di Grup A bersama Qatar (tuan rumah), Senegal, dan Ekuador.

3 Pemain Kunci

Virgil van Dijk

Bek Liverpool saat ini berpredikat sebagai salah satu pemain bertahan terbaik di dunia, keberadaannya akan sangat dibutuhkan timnas Belanda di Piala Dunia 2022.

Selain hebat dalam duel udara, kecepatan dan bagaimana cara menutup ruang pemain lawan dimiliki Virgil van Dijk sebagai seorang bek tangguh.

Ketergantungan Belanda terhadap Van Dijk juga tak lepas dari performa cemerlang sang pemain bersama Liverpool dalam beberapa musim terakhir.

Torehan gelar Liga Champions dan Liga Inggris menjadi modal tersendiri Van Dijk membimbing adik-adik tingkatnya di timnas Belanda.

Frenkie de Jong

Kesetiaannya untuk Barcelona sedang dipertanyakan, Frenkie de Jong merupakan komoditi panas klub-klub top Eropa dalam beberapa pekan terakhir.

Namun kualitas bermainnya tak perlu dipertanyakan lagi, Frenkie harus ada dalam starter tim asuhan Louis van Gaal di Piala Dunia 2022.

De Jong merupakan pemain bertipe dinamis, mampu sebagai pengisi gelandang tengah, bertahan maupun penyerangan, kualitasnya menjadikan sang pemain tak tergantikan.

Denzel Dumfries

Namanya menanjak seiring nekatnya Inter Milan memboyongny dari Liga Belanda, kemampuannya tak hanya sebagai gelandang namun juga bisa berperan sebagai sayap.

Meski baru di tahun 2018 menjalani debutnya bersama timnas Belanda, namun kualitasnya sebagai pemain sangat dibutuhkan Van Gaal di Piala Dunia 2022.

Louis van Gaal saat masih melatih Manchester United. [OLI SCARFF / AFP]
Louis van Gaal  [OLI SCARFF / AFP]

Pelatih

Louis van Gaal ditunjuk sebagai pelatih timnas Belanda pada Agustus 2021, kedatangannya mengisi kursi pelatih yang kosong setelah mundurnya Frank de Boer.

Keberhasilan van Gaal membawa timnas Belanda ke Piala Dunia 2022 bisa dikatakan tidak mudah, meski mendapat keringanan setelah lolos otomatis sebagai juara grup Kualifikasi Zona Eropa.

Ini adalah periode ketiga van Gaal mengarsiteki Belanda. van Gaal pertama kali menukangi Der Oranje pada tahun 2000. Saat itu, van Gaal gagal membawa Belanda ke Piala Dunia 2002.

Van Gaal kembali melatih Belanda di tahun 2012 dan sukses membawa Oranje lolos ke Piala Dunia 2014, bahkan membawa pulang medali perunggu setelah mengalahkan tuan rumah Brasil.

Kini Van Gaal kembali. Di periode ketiganya bersama Oranje, Ia sudah memimpin 13 pertandingan dan memenangi sembilan di antaranya. Empat lainnya berakhir imbang, tanpa menelan kekalahan.

Daftar Pemain Timnas Belanda untuk Piala Dunia 2022

Kiper

Jasper Cillessen (Valencia)
Mark Flekken (Freiburg)
Kjell Scherpen (Brighton & Hove Albion)

Bek

Jurrien Timber (Ajax)
Matthijs de Ligt (Juventus)
Virgil van Dijk (Liverpool)
Nathan Ake (Manchester City)
Stefan de Vrij (Inter Milan)
Hans Hateboer (Atalanta)
Tyrell Malacia (Feyenoord)
Daley Blind (Ajax)
Jordan Teze (PSV)
Denzel Dumfries (Inter Milan)
Bruno Martins Indi (AZ)

Gelandang

Guus Til (Feyenoord)
Steven Berghuis (Ajax)
Davy Klaassen (Ajax)
Teun Koopmeiners (Atalanta)
Frenkie de Jong (Barcelona)
Jerdy Schouten (Bologna)

Penyerang

Steven Bergwijn (Tottenham Hotspur)
Cody Gakpo (PSV)
Memphis Depay (Barcelona)
Noa Lang (Club Brugge)
Wout Weghorst (Burnley)
Vincent Janssen (Monterrey)

[Penulis: Eko Isdiyanto]



#Profil #Timnas #Belanda #Tim #yang #Diklaim #Spesialis #Runner #Setelah #Gagal #Juara #Tiga #Final #Piala #Dunia

Sumber : www.suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.