Kronologi Terbitnya Artikel Iwan Bule si yang Paling Berjasa di Laman PSSI

- Juni 10, 2022 | 3:26 pm

Bola24.id – Sebuah artikel yang ditayangkan oleh melalui laman resminya yang berjudul ‘Pecahnya Rekor 42 Tahun’ menuai kontroversi dan sorotan masyarakat.

Pasalnya, artikel yang diunggah PSSI pada Kamis (9/6/2022) itu mengajukan sejumlah klaim yang dianggap masyarakat sangat tak berdasar.

Salah satunya ialah menyebut bahwa Ketua Umum PSSI, alias Iwan Bule menjadi salah satu alasan utama di balik kemenangan atas Kuwait.

Tulisan itu memang mengajukan klaim bahwa Iwan Bule menjadi tokoh utama di balik keberhasilan skuad Garuda menang dengan skor 2-1 tersebut.

Baca Juga:
6 Kontroversi Iwan Bule, Terbaru Disebut Paling Berjasa oleh PSSI

Awalnya, Timnas Kuwait sempat unggul terlebih dahulu lewat tandukan Yousef Nasser (40’). Namun, timnas Indonesia mampu membalas lewat penalti Marc Klok (44’) dan gol Rachmat Irianto (47’).

Sesuai dengan judulnya, yakni ‘Pecahnya Rekor 42 Tahun’, tiga paragraf awal tulisan tersebut memang menyajikan sejarah timnas Indonesia atas Kuwait yang terakhir kali menang pada tahun 1980 atau 42 tahun silam.

Namun, saat mulai menuju beberapa paragraf berikutnya, sosok yang lebih banyak diulas dari tulisan ini adalah sosok Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

Aspek inilah yang menuai kontroversi di media sosial. Publik digegerkan dengan klaim sepihak pada tulisan tersebut yang dianggap menihilkan perjuangan tim asuhan Shin Tae-yong.

Jawaban PSSI soal Artikel Iwan Bule

Baca Juga:
3 Alasan Stefano Lilipaly Layak Starter dan Tampil Penuh Lawan Yordania

Dari jawaban yang diberikan PSSI, ternyata tulisan tersebut merupakan opini pihak luar PSSI. Sekjen PSSI, , mengatakan, tulisan tersebut tak mencerminkan sikap PSSI maupun Iwan Bule dalam memandang kemenangan timnas Indonesia atas Kuwait.

Awalnya, tulisan ini muncul ketika salah seorang wartawan membagikan tulisannya di forum jurnalis peliput sepakbola Indonesia yang tayang di salah satu media olahraga sekitar pukul 11.00 WIB.

Tulisan awalnya berjudul ‘Prestasi Iwan Bule & Pecahnya ‘Rekor’ 42 Tahun’. Tak lama setelah tulisan itu dibagikan, PSSI ikut menayangkan tulisan yang mirip di laman resminya.

“Itu tulisan wartawan senior. Silakan dicek lagi di web PSSI ya,” kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi sembari menyebut salah satu nama wartawan senior yang dimaksud.

Kedua tulisan tersebut hanya berbeda bagian judulnya. Secara keseluruhan, isi tulisan tak ada bedanya dan hanya menyanjung Iwan Bule sebagai sosok penting di balik kemenangan timnas Indonesia atas Kuwait.

Awalnya, tulisan tersebut dimuat tanpa memberikan kredit khusus kepada wartawan senior yang menulis opininya tersebut.

Namun, setelah muncul kegaduhan di kalangan publik, PSSI baru menambahkan nama dan identitas penulis tulisan tersebut di laman resminya.

“Saya suruh cabut (take-down) artikelnya. Karena Ketum PSSI tidak pernah mengklaim seperti itu,” kata Yunus Nusi.

“Kemenangan ini didapat karena semangat juang anak-anak timnas yang memenangkan laga melawan Kuwait,” tukasnya.

[Muh Adif Setiawan]



#Kronologi #Terbitnya #Artikel #Iwan #Bule #yang #Paling #Berjasa #Laman #PSSI

Sumber : www.suara.com

Topik

Rekomendasi