Kisah John Herdman, Orang Inggris yang Bawa Timnas Kanada lolos ke Piala Dunia 2022

Bola24.id – Dari negara yang tidak diperhitungkan karena tak sebagus anggota Concacaf seperti Amerika Serikat atau Meksiko, Kanada nyatanya mampu lolos ke Qatar lewat tangan dingin .

Kanada menjadi salah satu tim kejutan di Kualifikasi 2022 Qatar, The Carnucks sukses memuncaki klasemen zona Concacaf, mengungguli Amerika Serikat dan Meksiko.

Torehan 28 poin dari 14 laga di fase grup membuat Kanada dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 dengan status juara grup, unggul dari Meksiko dan Amerika Serikat di bawhanya.

Keberhasilan itu sungguh di luar dugaan mengingat kali terakhir Kanada lolos ke putaran final Piala Dunia terjadi 36 tahun silam tepatnya pada eidisi 1986. 

Baca Juga:
Louis van Gaal Menderita Kanker Prostat, Bagaimana Nasib Timnas Belanda?

Torehan itu tak lepas dari materi pemain maupun staf pelatih yang dimiliki Kanada. Selain diperkuat pemain yang cukup bagus seperti Alphonso Davies dan Jonathan David, Kanada saat ini memiliki pelatih jempolan asal Inggris, John Herdman.

Sosok pelatih yang sudah tak asing bagi Kanada setelah mempersembahkan dua gelar medali Olimpiade untuk tim putri Kanada di 2012 dan 2016.

Mengawali karier di tim wanita Selandia Baru pada 2006 setelah meninggalkan jabatannya di Akademi Sunderland, setahun kemudian ia memimpin timnya di Piala Dunia Wanita 2017.

Sebelumnya, ia juga sempat  memimpin Kanada di Olimpiade Beijing 2008, torehan spektakuler Herdman bersama tim wanita membuat sosoknya direkrut sebagai pelatih tim pria pada 2018.

“Saat ini nyata, kami akan menjadi tim yang melakukannya (lolos) atau tim yang gagal (ke Piala Dunia 2022)” ucap Herdman dikutip dari BBC Sport beberapa waktu lalu.

Baca Juga:
Qatar 2022 Mungkin Jadi Piala Dunia Terakhir bagi 7 Pemain Bintang Ini

“Semua anak bermain sepakbola (untuk bermain di Piala Dunia). Itulah kenyataannya. Kanada adalah negara hoki. Tapi, sepakbola adalah olahraga dengan partisipasi tertinggi.”



#Kisah #John #Herdman #Orang #Inggris #yang #Bawa #Timnas #Kanada #lolos #Piala #Dunia

Sumber : www.suara.com