3 Klub ASEAN Perkasa di Liga Champions Asia, Tanda Indonesia Semakin Tertinggal?

Bola24.id – Sejumlah klub asal Asia Tenggara berhasil meraih kemenangan impresif pada ajang  2022. Hal ini disebut-sebut menjadi pertanda bahwa Indonesia semakin tertinggal dengan para tetangganya.

Sebab, di saat tim-tim asal Indonesia absen di ajang Liga Champions Asia 2022, sejumlah tim ASEAN justru tampil perkasa saat menghadapi lawan-lawannya.

Pada hari Senin (18/4/2022), misalnya, tiga klub asal ASEAN sukses meraih kemenangan pada pertandingan lanjutan Liga Champions Asia 2022.

Tiga klub ASEAN yang dimaksud ialah Lion City Sailors (Singapura), BG Pathum United (Thailand), dan (Malaysia).

Lion City Sailors, misalnya, sukses menumbangkan perlawanan wakil Korea Selatan, Daegu, pada laga kedua Grup F Liga Champions Asia 2022.

Dalam duel yang digelar di Buriram City Stadium, Senin (18/4/2022) itu, wakil asal Singapura itu sukses menang dengan skor 3-0 lewat gol Song Ui-young, Diego Lopez, dan Pedro Henrique.

Selanjutnya, kemenangan yang diraih Lion City Sailors juga diikuti oleh wakil Thailand di Liga Champions Asia 2022, BG Pathum United.

Pada duel kedua Grup B, BG Pathum United sukses menjungkalkan wakil Korea Selatan, Jeonnam Dragons, dua gol tanpa balas.

Dua gol BG Pathum pada duel yang berlangsung di kandangnya sendiri itu dicetak oleh Pathompol Charoenrattanapirom dan Jakkapan Praisuwan.

Selanjutnya, tim asal ASEAN ketiga yang juga sukses mengukuhkan keperkasaannya di Liga Champions Asia 2022 ialah Johor Darul Takzim (JDT).

Wakil Malaysia ini kembali mengamankan poin penuh saat berjumpa wakil Korea Selatan, Ulsan, dengan skor 2-1.

Dua gol skuad Harimau Selatan pada laga yang berlangsung di Stadium Sultan Ibrahim, Senin (17/4/2022) ini dicetak oleh Fernando Forestieri dan Bergson.

Ini adalah kemenangan kedua bagi JDT di Grup I Liga Champions Asia 2022 setelah sebelumnya sukses menumbangkan klub asal China, Guangzhou Evergrande lima gol tanpa balas.

Apabila melihat penampilan impresif klub-klub asal ASEAN ini, sebetulnya cukup miris karena tak ada satu pun wakil Indonesia di LCA 2022.

Paling mentok, Indonesia diwakili oleh Bali United dan PSM Makassar di ajang Piala AFC 2022, alias kasta kedua kejuaraan antarklub Asia.

Bahkan, Bali United dan PSM Makassar adalah wakil Indonesia karena keberhasilan keduanya meraih gelar juara pada tahun 2019 lalu.

Bali United berstatus sebagai jawara kompetisi Liga 1 2019, sedangkan PSM Makassar menjadi wakil Indonesia karena menang Piala Indonesia 2019.

[Muh Adif Setiawan]

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Klub #ASEAN #Perkasa #Liga #Champions #Asia #Tanda #Indonesia #Semakin #Tertinggal

Sumber : www.suara.com